Tuesday, January 20, 2009

003. Pola Penulisan

Pada awalnya kami bermaksud untuk meminta para geologiwan senior untuk berbagi pengalaman. Akhirnya kami buka kesempatan untuk semua geologiwan yang mau berbagi pengalaman untuk menulis. Tidak ada salahnya geologiwan yang lebih yunior berbagi pengalaman dengan yang senior. Mungkin geologiwan yang senior bisa memberikan saran bagi yang lebih yunior.

POLA PENULISAN YANG DIHARAPKAN

1. Foto
Setiap penulis diminta untuk memberikan minimal 1 foto diri. Kalau dikirim berupa pasfoto (cetakan / kertas, non-digital) diminta minimal ukuran 4 x 6 cm atau ukuran foto passport.

2. RIWAYAT SINGKAT
Susunlah sesingkat mungkin mulai dari kelulusan di universitas atau akademi, disusul dengan pengalaman kerja. Ingat, ini bukan CV, jadi pekerjaan atau status terakhir di tulis paling bawah.

3. PENGALAMAN BERHARGA
Silahkan tuliskan pengalaman yang paling berharga dalam hidup anda yang berhubungan dengan latar belakang anda sebagai geologiwan ataupun yang berhubungan dengan bidang lain yang anda geluti. Hal ini bisa berupa pengalaman yang paling membanggakan, paling berkesan, dan puncak-puncak keberhasilan karir. Keikutsertaan dalam organisasi sosial dan kegiatan olah raga juga dapat anda cantumkan di sini.

4. PENGALAMAN YANG KURANG MENYENANGKAN
Dalam bagian ini anda diminta juga untuk membagikan hal-hal yang sangat anda sayangkan dalam hidup anda. Kegagalan dan hal-hal lain yang tidak tercapai bisa anda tuliskan di sini.

5. CERITA-CERITA LUCU
Kehidupan seorang geologiwan tidak pernah membosankan. Selalu ada cerita-cerita yang menarik dan lucu yang bisa dibagikan kepada yang lain. Baik itu pengalaman di lapangan, di rig maupun di kantor, biasanya geologiwan pandai melihatnya dari sisi yang lain. Oleh karena itu juga jarang ada geologiwan yang tenggelam dalam tekanan.

6. SARAN-SARAN
Jika anda mempunyai saran untuk rekan geologiwan yang lain, termasuk yang lebih muda, silahkan dituliskan pada bagian ini.

7. CONTOH
Jika perlu contoh silahkan lihat halaman ini: Contoh

No comments:

Post a Comment