Tuesday, January 27, 2009

002. Reuni Alumni ITB Pra 1966

Rekan-rekan IAGI yang budiman,

Spontanitas dan ketulusan Prof. Koesoemadinata dan Bu Itje untuk menerima para Alumnus Geologi ITB Angkatan Pra 1966 ber-reuni di rumah kediaman beliau di Jl. Ciburial No. 17 Bandung Utara ternyata mendapat tanggapan sangat antusias khususnya dari para " Alumnus Senior ". Hal ini dapat dilihat dari jumlah mereka yang hadir dalam acara reuni tersebut yang dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Desember 2008. Beberapa dari para Senior menyampaikan rasa penyesalannya karena tidak dapat hadir seperti Pak Sutarjo Sigit ( melalui Ibu ), Pak Johannas. Pak Budiharto, Pak Bintal Djemur, Prof Harsono, dan beberapa lainnya.

Tanggapan dari para " Alumnus Junior " sebetulnya tak kalah positif, hanya banyak dari mereka yang berhalangan hadir karena adanya kesibukan , baik yang mendadak atau yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya ( aktivis kita, kang Giovani misalnya , yang harus mengkoordinir acara reuni keluarga besar Ayahandanya almarhum di Jakarta, demikian juga kang Surachman yang harus juga berada di Jakarta ). Beruntunglah kita karena masih ada Pak Tjahya Hadi dan Pak Supardiyono Sobirin yang membantu penuh dalam persiapan dan pelaksanaan reuni tersebut.

Tingginya antusiasme para " Alumnus Senior " untuk hadir di acara reuni ini dapat dilihat pada foto di bawah ini. Walaupun lokasi rumah Prof Koesoemadinata yang asri menurun terjal dari jalan raya, Pak Moeliono Poerbo Hadiwidjoyo ( 1954 ) yang sudah berusia 85 tahun tampak melangkah tegap menuruni jalan tersebut. Pak Untung (1953 ) yang tidak dapat lagi lepas dari kursi rodanya , pasrah diangkat bersama-sama untuk menaiki 2 tangga menuju ruangan reuni - - - - - agar dapat bersilaturahmi dengan rekan-rekannya. Para Senior angkatan Pra 1960 yang hadir di reuni ini adalah Bapak-bapak : M. Untung , Juliar Thaib , Prof Sukendar Asikin ( 1953 ), Prof Sampurno, Moeliono Purbo Hadiwidjoyo, Bahdroom ( 1954 ), Prof Koesoemadinata, Rab Sukamto, Benny Wahyu ( 1955 ), Prof Soejono Martodjojo, Luki Witular, Suharto Wongso , Subroto Mojo , Wikarno ( 1956 ), M. Djuri Rosidi, Zuhdi Pane, Rapilus Kasup, Fred Hehuwat, Tatan Suptandar, Hadi Darmawan Said, Hutabarat, Atik Suardy ( 1957 ), dan Suyitno Padmosukismo ( 1958 ).

Rekan-rekan IAGI yang budiman,

Acara reuni di rumah kediaman Prof Koesoemadinata ini sebetulnya diadakan untuk sekalian memperingati HUT Pernikahan Beliau dan Bu Itje yang ke 47 tanggal 25 Desember 2008. Tetapi pelaksanaannya ditunda 3 hari kemudian yaitu hari Minggu, 28 Desember 2008 , dengan pertimbangan agar rekan-rekan dari Jakarta punya kesempatan waktu lebih banyak untuk menghadirinya. Alhamdulilah, menurut pendapat beberapa Alumnus yang hadir, reuni kali ini dianggap sangat berhasil ( dihadiri oleh 46 Alumnus dan 21 Spouses ). Yang perlu dicatat juga bahwa berkat dokumentasi Prof Koesoemadinata yang rapih, maka beberapa Alumnus yang tadinya dikira non ITB ternyata dari ITB , seperti Pak Rab Sukamto, Pak Suwartoyo ( tidak hadir ), dan lain-lain.

Sesuai dengan isi do'a yang disampaikan sebelum memasuki acara pokok , semoga reuni ini bernilai ibadah dan semoga Prof Koesoemadinata dan Bu Itje yang memperingati HUT pernikannya yang ke 47 , demikian juga seluruh Alumnus dan spouses yang hadir , dipanjangkan umur dan mendapatkan limpahan rahmat dan berkah dari Tuhan YMK. Dan semoga mereka yang tidak dapat hadir karena sakit atau sebab lain, dapat cepat disembuhkan dan dipermudah urusannya, Amiiin.

Dan kepada Prof Koesoemadinata dan Bu Itje beserta keluarga, kami semua yang hadir menyampaikan rebu nuhun atas penerimaannya yang begitu baik. Semoga balasan dari Tuhan YMK berlipat ganda, Amiiin.

Salam bahagia,
Mang Okim ( contact person )

Catatan: tulisan ini dikirim ke IAGI-net tanggal 30 Desember 2008.

Keterangan Gambar :

Gambar Atas :
Duduk di lantai ( dari kiri ) : Mang Okim, Prof Soejono, Tjahya Hadi, Zanial Achmad, Juliar Thaib, Rapilus Kasoep.
Duduk di kursi ( dari kiri ) : Rab Sukamto, Prof Koesoemadinata, Prof Sampurno, Moeliono Purbo Hadiwidjoyo, M. Untung, M. Djuri Rosidi, Luki Witular, Benny Wahyu, Soeharto Wongso, S. Zuhdi Pane.
Berdiri di lantai ( dari kiri ) : Safari, Suyitno Patmosukismo, Soesmaryanto ( dari Aceh ), Yanto R Sumantri, Supardiyono Sobirin, Suherman, Nana Ratman, Thamrin Cobrie, Purnomo, Subroto Mojo, Tjetje Apandi, Wikarno, Hadi Darmawan Said, Prof Sukendar Asikin, Nurzal Baharuddin, Hutabarat, Fahmi D.S., Atik Suardy, Bandono, Mulhadiono, Bahdroom, Darwin Kadar.
Berdiri di kursi ( dari kiri ) : Hudaya, CL Nugroho, Fred Hehuwat, R. Tjakra, Tatan Suptandar, Endang Thoyyib, Runtiarko, Andoko.

Gambar Bawah :
Duduk di kursi ( dari kiri ) : Ibu Djuri , Ibu Prof Soejono, Ibu Prof Sampurno, Ibu Prof Koesoemadinata, Ibu Benny Wahyu, Ibu Luki Witular, Ibu Fred Hehuwat, Ibu Atik Suardy.
Berdiri di belakang ( dari kiri ) : Ibu - - - - , Ibu CL Nugroho, Ibu Juliar Thaib, Ibu Miko, Ibu - - - -, Ibu Tjahya Hadi, Ibu - - - - , Ibu Supardiyono Sobirin, Ibu Subroto Mojo, Ibu Wikarno, Ibu Darwin, Ibu - - - - , Ibu Soesmaryanto ( mohon maaf, 4 Ibu belum teridentifikasi

No comments:

Post a Comment